Hari ini pasti adalah hari yang dinantikan oleh seluruh bangsa Indonesia, satu hari yang bersejarah bagi Indonesia karena pada tanggal ini diproklamirkan kemerdekaan Indonesia oleh Soekarno-Hatta pada tahun 1945 silam. Apa makna usia 66 tahun ini bagi sebuah bangsa bernama Indonesia?

Jika dilihat sebagai usia manusia, usia 66 adalah satu usia yang bisa dibilang “tua”. Akan tetapi, bagi sebuah bangsa, usia 66 masih tergolong muda. Biasanya anak muda perilakunya tidak ingin dikekang, ingin bebas, mencari jatidirinya, ingin menjadi apa kelak saat sudah beranjak dewasa. Barangkali seperti itulah kejadian yang terjadi di bangsa Indonesia. Kita dinina-bobokan sangat lama dengan tidak ada perubahan yang terjadi, terutama di dalam pemerintahan (baca: orde baru). Bom waktu tersebut akhirnya meledak pada saat masa reformasi ’98, dimana terjadi perubahan besar-besaran di dalam tatanan berbangsa dan bernegara. Masa-masa tersebut bisa kita sebut sebagai satu titik baru dalam kehidupan berbangsa kita, dimana kita memasuki satu era baru yang kita sebut dengan “era reformasi”, dimana orang bebas menyampaikan pendapatnya, semua orang berhak menduduki jabatan di pemerintahan, dsb. Persis seperti seorang anak yang tumbuh dalam periode remaja (ABG).

Setelah 13 tahun berlalu, pada tahun 2011 ini, Bangsa Indonesia tampaknya harus lebih bekerja keras didalam mengisi kemerdekaannya, karena pada tahun ini Indonesia dihantam dengan berbagai permasalahan, yang salah satunya mengkhawatirkan banyak pihak, yaitu permasalahan korupsi. Kasus korupsi yang terjadi pada para wakil kita di parlemen tampaknya makin menggurita, dimana saat ini kasus Nazaruddin tengah menjadi sorotan utama, karena dianggap merugikan negara hingga 6 triliun. Bayangkan uang sebanyak itu, apabila digunakan untuk membangun infrastruktur, sarana pendidikan, dsb pasti akan sangat bisa menjadikan bangsa ini lebih menggeliat kembali. Sayangnya kenyataan yang terjadi belum demikian.

Berbagai cobaan yang tengah menimpa saat ini, tidak boleh dijadikan alasan untuk diam saja. Kita harus terus mengisi kemerdekaan bangsa ini, karena banyak orang yang membutuhkan ide dan gerakan nyata kita di berbagai bidang yang bisa memberikan manfaat bagi sebanyak mungkin rakyat Indonesia. Saya yakin bangsa ini pasti bangkit karena banyak pemudanya memberikan banyak kontribusi yang luar biasa bagi bangsa ini, baik melalui bidang ilmu pengetahuan, riset, bisnis, dsb.

Dirgahayu Indonesiaku!!